Cara Agar Website Terlisting di Google
mendaftarkan website ke google

Terlisting di search engine google merupakan suatu keharusan bagi sebuah website atau blog. Tujuannya agar orang dapat menemukan website atau blog anda dengan lebih mudah atau biasa di kenal dengan istilah SEO. Kali ini saya dari zen bali web design akan meberikan langkah-langkah dasar agar website anda dapat lebih cepat dikenali oleh search engine google.

1. Konten text yang ditampilkan di website merupakan konten yang original , bukan hasil copy/paste dari website lain. Untuk materi dari konten tersebut bisa saja mencontek dari website lain namun tata bahasa dan penulisan harus tetap diolah agar tidak sama persis dengan sumbernya.

2. Menentukan META Title & Description.
Meta Title website yang baik adalah title yang mewakili isi dari konten website tersebut dan memiliki panjang maksimal 70 karakter ( termasuk spasi dan tanda baca).
Meta Description berisikan penjelasan singkat isi konten yang berisikan kalimat yang menarik minat orang untuk membaca lebih rinci. Meta description yang baik memiliki panjang maksimal 150-200 karakter.

3. Mendaftarkan website ke “Google Webmaster : https://www.google.com/webmasters/“. Ini merupakan layanan dari google yang berisikan tools yang sangat berguna untuk memudahkan google dalam menemukan website anda. Untuk dapat mendaftarkan website anda ke Google Webmaster, anda perlu sign in terlebih dahulu dengan account google dan melakukan verifikasi kepemilikan website dengan mengikuti petunjuk dari google.

4. Submit sitemap website ke Google Webmaster. Sitemap ini berisikan data url dari website anda yang berguna untuk memudahkan robot dari google saat melakunan penjelajahan (crawling). Umumnya sitemap memiliki format .xml , yang ditempatpan pada directory root sebuah website ( http://namawebsite.com/sitemap.xml ). Jika anda kesulitan dalam menyiapkan sitemap ini sendiri, anda dapat memanfaatkan layanan sitemap generator yang banyak tersedia secara gratis. Atau jika website anda menggunakan CMS wordpress, anda dapat menginstall plugins sitemap generator. Menu submit sitemap dapat ditemukan di submenu dari “Crawl” pada Google Webmaster.

5. Fetch as Google pada Google Webmaster. Menu ini dapat ditemukan di submenu dari “Crawl” pada Google Webmaster. Fetch as Google ini berfungsi untuk meminta kepada robot google untuk melakukan penjelajahan ke website anda untuk memastikan apakah robot Google bisa memahami dan membaca situs layaknya pengunjung manusia.

Sampai pada langkah ke 5, website anda sudah dapat dikenali oleh google dan bisa di cek dalam waktu 2 atau 3 hari kedepan website anda sudah terlisting di search engine google. Untuk memastikan bisa anda coba dengan mengetikan nama website anda di search engine google .

Jasa Pembuatan Website di Bali

About Author

client-photo-1
bowhead

Comments

February 27, 2019
[…] dalam SEO ONPAGE pada wordpress berkaitan dengan meningkatkan kecepatan wordpress. Hosting yang lemot akan memberikan dapak yang buruk bagi SEO , juga berdampak pada pengunjung yang […]
March 2, 2019
[…] dalam SEO ONPAGE pada wordpress berkaitan dengan meningkatkan kecepatan wordpress. Hosting yang lemot akan memberikan dapak yang buruk bagi SEO , juga berdampak pada pengunjung yang […]