SEO ONPAGE Pada WordPress
seo onpage wordpress

SEO ONPAGE adalah optimasi SEO yang mengacu pada tindakan secara langsung di dalam website yang bertujuan untuk meningkatkan posisi peringkat pada search engine. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam SEO ONPAGE pada wordpress ? Berikut ini akan saya bahas beberapa hal penting yang menjadi dasar pertimbangan dalam melakukan SEO ONPAGE pada wordpress.

1. Pemilihan Nama Domain

Pemilihan nama domain disarankan menggunakan nama yang berkaitan dengan materi yang akan ditampilkan pada website. Hindari juga penggunaan angka dan tanda baca seperti “-” pda domain. Selalu gunakan TLD ( Top Level Domain) yang disukai mesin pencari khususnya google. TLD yang dimaksud adalah domain yang berekstensi .Com , .Net , .Org , .Co , Biz dan .Co.id untuk website Indonesia.

2. Pemilihan Hosting

Hosting dalam SEO ONPAGE pada wordpress berkaitan dengan meningkatkan kecepatan wordpress. Hosting yang lemot akan memberikan dapak yang buruk bagi SEO , juga berdampak pada pengunjung yang akan segera meninggalkan website tersebut. Ada sebuah pernyataan dari para petinggi google yang menyatakan bahwa “page speed is now a ranking factor”,. Atas dasar pernyataan ini maka wajib bagi anda memilih hosting yang baik kencang.

3. Analisa Keyword

Melakukan analisa keyword yang berguna untuk mengetahui volume pencarian yang menggunakan keyword tersebut. Tujuannya adalah agar anda bisa menentukan keyword yang akan anda targetkan. Selain itu dengan menganalisa keyword anda juga akan dapat mengetahui tingakat kesulitan dari sebuah keyword.  Untuk dapat menganalisa keyword anda dapat menggunakan tools gratis dari google yaitu “Google Keyword Planner” atau “kwfinder“.

Ada baiknya juga anda menargetkan keyword yang spesifik yang mengandung 3-5 kata, dalam istilah SEO disebut Longtail Keyword. Menargetkan longtail Keyword bisa menjadi laternatif SEO karena tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi dan menurut riset rata-rat pengguna internet melakukan pencarian dengan menggunakan longtail keyword. Untuk menemukan longtail keyword yang memiliki volume pencarian yang bagus anda dapat menggunakan “Google Suggestion” atau “Google Keyword Planner

4. Penulisan Konten

Penulisan konten yang perlu dilakukan dalam SEO ONPAGE pada wordpress  memiliki beberapa aturan baku yang wajib untuk dipatuhi antara lain

  • Penulisan judul yang baik untuk SEO adalah yang memliki jumlah karakter tidak lebih dari 50 karakter dan mengandung keyword yang ditargetkan. Namun harus tetap memperhatikan agar judul konten tetap bisa dimengerti oleh pengunjung website.
  • Penulisan meta description tidak lebih dari 150 karakter dan mengandung keyword yang ditargetkan.
  • Slug atau url mengandung keyword yang ditargetkan. Untuk dapat membantu menganalisa judul, meta description dan slug anda dapat menginstal plugins Yost Seo.
  • Artikel harus bersifat unique / original bukan hasil copy paste dari website lain atau dikenal dengan istilah plagiarism. Untuk materi dapat saja diambil dari website lain namun tetap harus diolah dengan baik agar tidak sama persis dengan artikel aslinya. Konten website yang ketahuan melakukan plagiarism akan dihapus dari daftar pencarian google, hal ini juga dapat berdampak bagi konten lainnya pada sebuah website. Ada baiknya anda melakukan pengecekan konten yang anda buat sebelum di posting menggunakan tools plagiarism  checker untuk memastikan bahwa konten bersifat unique  dan aman dari plagiarism.
  • Google menyukai artikel yang panjang dan isinya relevan dengan judul. Selain itu artikel juga harus enak dibaca agar pengunjung betah berlama lam di website anda , ini berkaitan dengan penilaian bounce rate dari google. Semakin cepat pengunjung meninggalkan website anda maka bounce rate nya semakin tinggi, semakin tinggi bounce rate maka hasil penilaian dari google semakin jelek. Artikel yang ideal adalah artikel yang memiliki jumlah karakter 1000 – 2000 karakter atau minimal 400 karakter. Pastikan juga menyisipkan keyword pada artikel maksimal 5 kali untuk artikel dengan panjang 1000 karakter.
  • Membuat pengunjung betah dengan mmenampilkan informasi yang bersifat informatif dan menambahkan konten visual berupa gambar yang menarik atau vidio yang menginspirasi.

5. Internal Link

Link antar konten post/page dalam sebuah website memiliki kegunaan sebagai alat navigasi bagi pengunjung untuk menemukan bagian yang berkaitan. Caranya dengan menyisipkan anchor text yang berisikan link yang menuju pada konten yang dimaksud. Cara lain adalah dengan menambahkan menu Related Post pada artikel , untuk melakukan ini pada wordpress anda dapat menginstal plugins related post.

6. External Link

External link adalah link dari website anda menuju website lainnya. Memberikan external link pada sebuah artikel bertujuan untuk memberikan informasi kepada google tentang relevansi website anda dengan website yang dituju. Hal ini akan mempermudah google mengenali apa saja yang ada di dalam website anda. Ini sangat penting dalam  SEO ONPAGE pada wordpress

Dalam memberikan external link ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu , berikan external link hanya menuju website yang memiliki trafic tinggi seperti wikipedia , facebook , youtube dll. Selalu gunakan atribut nofollow untuk external link , untuk lebih mudahnya anda dapat menginstal plugins nofollow . Buat external link open in new window, hali ini berguna aga pengunjung tidak langsung meninggalkan website anda saat mengklik link.

7. Melakukan Penjadwalan Konten

Melakukan penjadwalan konten yang dimaksud adalah secara rutin melakukan update pada website dengan menambahkan konten baru yang tetap mengikuti langkah nomer 3-6 pada artikel ini.

About Author

client-photo-1
bowhead